pasang
  • Latest News

    Saturday 23 May 2015

    Google Bikin OS Khusus Internet of Things



    Google tengah menggarap sistem operasi khusus untuk Internet of Things (IoT). Sistem operasi tersebut akan berbasis Android dan diberi nama Brillo. Raksasa pencarian internet ini akan memperkenalkan Brillo di ajang Google I/O.

    Menurut sejumlah informasi, Brillo akan diperuntukkan bagi perngkat dengan spesifikasi rendah, minimal memiliki RAM 32MB atau 64MB. Kehadiran Brillo tentu akan memudahkan para developer untuk membuat perangkat IoT. 

    Karena sejauh ini memang belum ada sistem operasi universal untuk perangkat IoT. Jadi para vendor pembuat perangkat pintar harus membuat sendiri software aplikasinya. 

    Brillo dijanjikan dapat digunakan pada beragam perangkat. Dengan menjalankan sistem operasi ini, masing-masing perangkat bakal dapat saling berkomunikasi. Google dikabarkan akan mengeratiskan sistem operasi ini seperti halnya Android.

    Bicara mengenai IoT, Google bukan satu-satunya perusahan teknologi yang kian fokus pada teknologi berbasis internet. Samsung pun telah membeli SmartThing, startup IoT pada Agustus. 

    Perusahaan pembuat chip, ARM turut membuat solusi IoT lewat mbed OS. Minggu lalu, Microsoft telah mengumumkan Windows 10 untuk IoT. Dan kemarin, Huawei mengumumkan kehadiran sistem operasi IoT bernama LiteOS.


    Source : Detik iNet
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Google Bikin OS Khusus Internet of Things Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top